Beranda » Pelayanan di Poli Umum » Periksa Rutin Ibu Hamil

Periksa Rutin Ibu Hamil

Periksa Rutin Ibu Hamil

Periksa rutin ibu hamil juga perlu dilakukan di layanan kesehatan, baik puskesmas, klinik ataupun rumah sakit. Khusus masyarakat Jogja dan sekitarnya Anda dapat mengunjungi RSUD Prambanan, Klinik Az-Zahra Piyungan, Puskesmas Berbah atau tempat penyedia layanan lainnya.

Karena pada dasarnya pelayanan kesehatan tidak hanya diberikan kepada orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan. Disediakan juga untuk orang yang berkebutuhan khusus salah satunya yaitu ibu hamil. Oleh karena itu, setiap ibu hamil berhak untuk periksa rutin ibu hamil dan memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan standar yang ditentukan.

Tlp. 0821-3449-5179 Periksa rutin ibu hamil

Bahkan standar yang telah ditentukan untuk periksa rutin ibu hamil juga sudah ditetapkan pada buku pedoman, baik rumah sakit maupun puskesmas. Adapun istilah lain dari periksa rutin ibu hamil yakni antenatal care. Bagi wanita yang mengalami kehamilan pertama kemungkinan belum memahami tentang periksa rutin ibu hamil atau antenatal care.

Pemeriksaan ibu hamil 10T

Perlu diketahui bahwa pelayanan periksa rutin ibu hamil yang sesuai standar harus terdiri dari pemeriksaan ibu hamil 10T. Kini sudah hampir semua layanan fasilitas kesehatan menggunakan pemeriksaan ibu hamil dengan 10T ini. Klinik Az-Zahra Piyungan misalnya.

Adapun penjelasan dari masing-masing pemeriksaan ibu hamil 10T tersebut terdiri dari beberapa ulasan dibawah ini.

Timbang berat badan dan ukur tinggi badan pada ibu hamil

Standar T pertama pada periksa rutin ibu hamil yaitu timbang berat badan dan ukur tinggi badan pada ibu hamil. Tujuan dari kedua pengukuran tersebut adalah mengontrol perkembangan tubuh seorang wanita pada masa kehamilan. Hasil pengukuran pada timbang berat badan dan ukur tinggi badan pada ibu hamil yang baik dapat digunakan sebagai acuan tertentu pada kehamilan. Acuan tersebut dapat berupa terjadinya bengkak, kehamilan dengan obesitas, atau bisa juga mengindikasikan kehamilan kembar.

Umumnya, perempuan yang sedang hamil pada trimester pertama akan mengalami penambahan berat badan sebesar 0,5 kg dalam jangka waktu setiap satu bulannya. Selanjutnya pada trimester kedua sampai ketiga, penambahan berat badan akan dapat meningkat dengan jangka waktu lebih pendek.

Dalam hal ini, perempuan yang sedang hamil akan dapat mengalami penambahan berat badan sebesar 0,5 kg setiap minggu. Sementara, pada akhir kehamilan seorang wanita hamil dapat mengalami total penambahan berat badan antara 20-90 kg sejak awal kehamilan.

Pemeriksaan tekanan darah ibu hamil

T kedua pada periksa rutin ibu hamil yang harus dicek adalah pemeriksaan tekanan darah ibu hamil. Tekanan darah juga merupakan salah satu hal penting sehingga termasuk dalam standar pemeriksaan ibu hamil 10T. Bahkan pemeriksaan tekanan darah harus dilakukan secara rutin pada ibu hamil. Hasil pemeriksaan tekanan darah ibu hamil dapat digunakan untuk mengetahui gangguan kehamilan yaitu pre-eklamsia.

Gangguan tersebut dapat ditandai dengan tingginya tekanan darah pada perempuan yang sedang hamil. Dalam hal ini, perempuan yang sedang hamil harus memiliki tekanan darah normal yaitu antara 110/80 hingga 140/90 mmHg. Apabila dari hasil pemeriksaan tekanan darah ibu hamil, nilai tekanan darah melebihi rentang tersebut maka kehamilan terancam dengan adanya pre-eklampsia ataupun eklampsia akibat dari hipertensi.

Pemeriksaan tinggi fundus uteri pada ibu hamil

Pemeriksaan tinggi fundus uteri pada ibu hamil juga perlu dilakukan setiap bulannya. Maksud dari periksa rutin ibu hamil dengan pemeriksaan tinggi fundus uteri pada ibu hamil ini adalah untuk mengetahui puncak rahim. Dalam hal ini, tujuan dari pemeriksaan tinggi fundus uteri pada ibu hamil adalah untuk mengetahui usia kehamilan. Hasil pengukuran berupa tinggi puncak rahim nantinya dapat disesuaikan dalam hitungan minggu sehingga usia kehamilan dapat diketahui.

Adapun hasil pengukuran yang normal akan sesuai dengan tabel ukuran fundus uteri dengan nilai toleransi perbedaan yaitu 1 sampai 2 cm. Sedangkan jika terjadi perbedaan tinggi lebih kecil dari 2 cm maka hal tersebut dapat menunjukkan terjadinya gangguan pertumbuhan pada janin.

Imunisasi TT ibu hamil

Perlakuan imunisasi TT ibu hamil harus dilakukan saat periksa rutin ibu hamil. Imunisasi TT ibu hamil tersebut dilakukan sebelum melakukan skrining dengan tujuan agar diketahui dosis serta status imunisasi sebelumnya. Adapun jadwal yang disarankan untuk pemeriksaan serta pemberian imunisasi TT ibu hamil (imunisasi tetanus toksoid) setidaknya dilakukan minimal dua kali untuk setiap empat minggu lamanya.

Pengukuran status gizi ibu hamil

Tlp. 0821-3449-5179 Pemeriksaan status gizi ibu hamilStandar T selanjutnya pada periksa rutin ibu hamil yaitu tetapan atau pemeriksaan status gizi ibu hamil. Pemeriksaan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi secara dini apabila terjadi kekurangan gizi saat kehamilan. Apabila janin mengalami kekurangan nutrisi maka hal tersebut menunjukkan rendahnya penyaluran gizi terhadap janin.

Kondisi ini tentu akan membuat pertumbuhan janin terhambat serta berpotensi mengalami berat rendah pada bayi yang dilahirkan nantinya. Oleh karena itu, pemeriksaan status gizi ibu hamil sangat dibutuhkan demi kesehatan ibu dan janin. Adapun cara yang dilakukan untuk pemeriksaan status gizi ibu hamil yaitu dengan pita ukur. Melalui alat tersebut maka jarak antara pangkal bahu dengan ujung siku akan diukur beserta bagian lengan atas atau LILA.

Melihat bahayanya jika kekurangan gizi pada ibu hamil, tentu kebutuhan klinik dengan pelayanan ibu hamil yang berkualitas dan terdekat tentu sangat dibutuhkan. Bagi masyarakat wilayah Kecamatan Piyungan, Berbah, Prambanan, Patuk, Dlingo, Kalasan, Pleret, Banguntapan, Imogiri, Bantul, Wonosari, Sleman dan sekitarnya dapat mengunjungi Klinik Az-Zahra Piyungan. 

Pemberian tablet zat besi pada ibu hamil

Pemberian tablet zat besi pada ibu hamil menjadi standar pemeriksaan ibu hamil 10T sebab memang sangat diperlukan. Zat besi merupakan senyawa penting yang dibutuhkan ibu hamil. Umumnya, nilai kandungan zat besi yang dianjurkan pada ibu hamil adalah minimal 90 tablet. Sedangkan untuk nilai maksimalnya yaitu satu tablet dikonsumsi setiap hari selama masa kehamilan. Untuk memperoleh tambahan tablet zat besi yang sesuai kondisi tubuh anda, sebaiknya anda kontrol ke bidan atau dokter kandungan untuk periksa rutin ibu hamil sehingga diperoleh pemeriksaan yang akurat. Khusus masyarakat Jogja dan sekitarnya Anda dapat mengunjungi klinik kami yang ada di Yogyakarta.

Pemberian tablet zat besi pada ibu hamil tentu memiliki ketentuan tersendiri, yaitu tidak mengkonsumsi tablet zat besi bersama dengan teh atau kopi. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya gangguan penyerapan pada zat besi.

Menentukan denyut jantung janin

Pemeriksaan lain yang tak kalah penting saat periksa rutin ibu hamil yaitu menentukan denyut jantung janin (DJJ). Pemeriksaan tersebut berguna untuk mengetahui presentasi serta denyut nadinya. Adapun tujuan dari menetukan denyut jantung janin adalah memantau serta mendeteksi adanya faktor risiko kematian prenatal.

Dengan demikian ancaman kehamilan akibat hipoksia, gangguan pertumbuhan, infeksi, dan juga cacat bawaan nantinya akan sebisa mungkin untuk dihindari. Dalam hal ini, pemeriksaan denyut jantung pada bayi akan dapat dilakukan setelah masa kehamilan mencapai 16 minggu lamanya.

Cek laboratorium untuk ibu hamil

Pemeriksaan cek laboratorium untuk ibu hamil tak kalah penting saat melakukan periksa rutin ibu hamil. Pemeriksaan tersebut khususnya dilakukan untuk mengetahui kadar hemoglobin dalam darah. Selain itu, cek laboratorium untuk ibu hamil juga diperlukan untuk mengetahui golongan darah beserta rhesus-nya, tes HIV, dan penyakit seks menular lainnya. Cek laboratorium untuk ibu hamil ini mencakup rapid test untuk malaria yang dilakukan dengan penanganan lebih baik sehingga dapat bermanfaat bagi proses kehamilan.

Melakukan tata laksana kasus  

Melakukan tata laksana kasus juga diperlukan saat periksa rutin ibu hamil. Dalam hal ini, setiap ibu hamil memiliki hak untuk bisa mendapatkan fasilitas kesehatan dengan tenaga kerja yang kompeten. Selain itu pemeriksaan juga harus dilakukan dengan adanya perlengkapan yang memadai untuk penanganan lebih lanjut ke rumah sakit rujukan.

Bagi masyarakat Jogja tentu akan mudah jika periksa rutin ibu hamil di Klinik Az-Zahra Piyungan dan mendapatkan sistem rujukan di RSUD Prambanan. Sebab lokasi RSUD Prambanan sangat dekat dengan lokasi klinik kami. PMI kotagede pun sangat mudah dijangkau dari lokasi klinik kami.

Terlebih jika terjadi suatu hal buruk yang dapat membahayakan kehamilan maka ibu hamil terkait akan mendapatkan penawaran untuk segera melakukan tata laksana kasus. Dengan demikian hal-hal yang tidak diinginkan pada kehamilan akan dapat dihindari atau diminimalisir akibat dari kondisi buruk yang dialami.

Temu wicara persiapan rujukan

Fasilitas temu wicara persiapan rujukan ini dapat dilakukan kepada ibu hamil setiap kali melakukan kunjungan periksa rutin ibu hamil yang dapat berupa konsultasi. Selain itu juga dapat berupa persiapan rujukan dan anamnesa yang disertai dengan informasi biodata, kesehatan, riwayat menstruasi, persalinan, dan lain sebagainya.

Adapun fungsi dari temu wicara persiapan rujukan ini adalah untuk bisa membantu ibu hamil dalam menentukan pilihan yang tepat. Pilihan tersebut berkaitan dengan perencanaan, pencegahan komplikasi, dan persalinan.

Hadirnya pelayanan ini juga dibutuhkan untuk dapat menyepakati segala rencana kelahiran dan juga rujukan. Selain itu juga berkaitan dengan bimbingan mengenai persiapan dalam mengasuh bayi beserta penggunaan KB pasca melahirkan.

Nah, itulah berbagai macam periksa rutin ibu hamil sesuai dengan standar yang ditentukan. Bagi sebagian ibu hamil mungkin akan bingung dalam melaksanakan pemeriksaan terkait kandungannya. Dalam hal ini, tidak perlu khawatir karena apotek klinik kami menyediakan layanan pemeriksaan ibu hamil.

Sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan masyarakat yang cukup lengkap di Jogja, kami akan memberikan fasilitas yang memadai untuk beberapa periksa rutin ibu hamil seperti diatas. Anda tentu juga ingin memberikan yang terbaik untuk calon buah hati yang masih dalam kandungan tentunya. Oleh karena itu, kunjungi klinik kami untuk bisa mendapatkan pemeriksaan ibu hamil yang anda butuhkan.

 

Klinik Az-Zahra Piyungan

Jl. Piyungan – Prambanan Km3 No 28, Jatigrit, Srimartani, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Tlp./WA 0821-3449-5179

 

https://www.youtube.com/watch?v=e605AAqewEk Facebook Whatsapp Youtube

Periksa Rutin Ibu Hamil | Klinik Apotek 24 Jam Di Piyungan Berbah Prambanan Patuk Banguntapan Jogja

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami. CS Apotek Az-Zahra 24 Jam WhatsApp 0821 3485 1327 CS Klinik Az-Zahra WhatsApp 0821 3449 5179