Beranda » Pelayanan di Poli Umum

Pelayanan di Poli Umum

Tlp. 0821-3449-5179 pelayanan di poli umum

Pelayanan di Poli Umum

Inilah pelayanan di poli umum yang sering ditangani oleh kebanyakan dokter umum. Sama halnya dengan praktek dokter umum yang membuka pelayanan poli umum di Jogja. Sebut saja Klinik Az-Zahra yang berada di Jl. Piyungan – Prambanan Km3 Jogja yang siap melayani masyarakat di wilayah Kecamatan Piyungan, Berbah, Prambanan, Patuk, Dlingo, Kalasan, Pleret, Banguntapan, Imogiri, Bantul, Wonosari, Sleman dan sekitarnya.

Dokter umum merupakan dokter yang berfokus pada pengobatan penyakit akut dan penyakit kronis. Dokter umum ini juga dikenal sebagai tim medis layanan pertama sebelum ditangani oleh dokter spesialis. Perbedaan dokter umum dan juga dokter spesialis terdapat pada penyediaan layanan saja. Dokter umum hanya menyediakan pelayanan yang bersifat menyeluruh kepada pasien.

Oleh sebab itu, dokter umum yang melakukan pelayanan di poli umum memiliki peranan yang sangat penting karena merekalah yang berhubungan kepada pasien pertama kalinya. Selain itu dr. umum tidak terikat untuk mengobati bagian maupun organ tubuh tertentu, artinya dokter umum mempunyai keahlian luas sehingga dapat membantu pasien di semua usia, jenis kelamin, dan aneka macam masalah kesehatan yang dialami.

SOP Pemeriksaan Pelayanan Poli Umum

SOP pemeriksaan pelayanan poli umum ini dipegang teguh oleh seorang dr. umum sebab mempunyai peranan yang sangat penting. Tujuan dari adanya SOP ini untuk mengatur tata cara pelayanan di poli umum dari pasien mendaftar hingga mendapatkan pelayanan dan pengobatan di ruang dr. umum. SOP pemeriksaan pelayanan poli umum ini dipegang teguh oleh seorang dokter dengan maksud untuk menjaga hak dan kewajiban seorang dokter ataupun pasien. Berikut adalah kewajiban atau peranan seorang dokter umum:

Datang sesuai jadwal shift dokter

Dokter umum harus datang sesuai jadwal shift dokter. Peraturan tersebut menyeluruh di semua layanan kesehatan untuk semua tim medis, baik dokter, perawat, bidan ataupun rekan sejawat lainnya. Peraturan tersebut diberlakukan juga di Klinik Az-Zahra yang berada di Jl. Piyungan – Prambanan Km3 Jogja. 

Peraturan tersebut lebih dikhususkan untuk dokter umum. Mengapa demikian? Sebab dr. umum merupakan orang pertama yang dapat memberikan konsultasi kepada pasien. Dokter hendaknya datang sesuai jadwal shift dokter, ketepatan ini dimaksudkan supaya pelayanan di poli umum dapat dilakukan tepat waktu sesuai jadwal sehingga pasien tidak perlu menunggu terlalu lama.

Anamnesa dan Pemeriksaan Fisik

Anamnesa dan pemeriksaan fisik juga harus dilakukan oleh seorang dr. umum sebelum menegakkan diagnosa pasien. Perlakuan tersebut sama untuk seluruh pasien dimanapun anda pergi ke layanan kesehatan, baik itu puskesmas, praktek dokter mandiri, klinik ataupun rumah sakit. Sebut saja Klinik Az-Zahra Piyungan dengan RSUD Prambanan, tentu cara anamnesa dan pemeriksaan fisiknya pun akan sama.

Anamnesa dan pemeriksaan fisik akan dilakukan secara head to toe guna mengetahui terjadinya komplikasi atau tidaknya seorang pasien. Jika memang terjadi komplikasi, tentu dapat ditangani secara dini. Begitulah tujuan dilakukannya anamnesa dan pemeriksaan fisik selain untuk ketepatan dalam mendiagnosa pasien dan ketepatan dalam memberikan pengobatan. 

Edukasi pasien pulang

Dokter umum juga memiliki tanggungjawab untuk memberikan edukasi pasien pulang. Semua dokter umum yang bekerja di fasilitas kesehatan manapun tetap berkewajiban untuk memberikan edukasi pasien pulang. Sama halnya dengan dokter umum yang bekerja di layanan kesehatan area Jogja, Piyungan, Berbah, Prambanan, Patuk, Dlingo, Kalasan, Pleret, Banguntapan, Imogiri, Bantul, Wonosari, Sleman dan sekitarnya.

Pemberian edukasi pasien pulang tentang pemeliharaan kesehatan selama di rumah dimaksudkan pasien dan keluarga mampu merawat dengan mandiri dan baik. Ini sangat membedakan dr. umum dengan dokter spesialis. Karena pada dasarnya dokter spesialis hanya bertanggung jawab pada proses pengobatan pasien.

Biasanya dokter umum juga akan melakukan kunjungan ke rumah sebagai bentuk pelayanan terhadap pasien dalam jangka yang panjang serta memberikan edukasi kepada keluarga dan meyakinkan mereka untuk mengetahui cara yang tepat merawat pasien. Kunjungan tersebut dilakukan oleh dokter umum dan stafnya di luar jam pelayanan di poli umum juga perlu dilakukan jika ada pasien yang tidak bisa dibawa keluar rumah seperti lansia ataupun bayi.

Bukan hanya itu saja, dokter umum bertanggungjawab dalam memberikan edukasi pasien pulang saja tetapi juga bertanggung jawab mengatasi faktor sosial serta psikologis yang mempengaruhi pelayanan kesehatan pasien.

Indikator Mutu Pelayanan Poli Umum

Indikator mutu pelayanan poli umum terletak pada fasilitas, tenaga medis, dan sarana prasarana. Namun, hal paling utama adalah ketepatan dokter dalam menganamnesa, menganalisis, mendiagnosa, dan memberikan tindakan pengobatan kepada pasien. Jika indikator mutu pelayanan poli umum terpenuhi dengan baik, tentu pengobatan dapat dilakukan dengan optimal.

Tim medis umum harus memiliki kemampuan merawat pasien sebagaimana merawat keluarganya sendiri. Dokter umum pun juga harus memiliki kewaspadaan kepada tanggung jawab yang dimiliki serta tahu akan keterbatasannya.

Seorang dokter harus mampu memberikan pertolongan pada pasien, dan melakukan kerja sama dengan jajaran dokter seperti dokter spesialis dari penyakit yang diderita pasien. Tim medis juga harus mempunyai komitmen dalam mengatasi masalah penyakit yang diderita oleh pasien. Sehingga pasien pun bisa mendapatkan pengobatan dan pelayanan di poli umum dengan baik. Seorang dokter juga perlu selalu meningkatkan ilmu pengetahuan, sebab berkembangkan banyak penyakit serta cara penanganan yang tepat.

Standar Pelayanan Poli Umum

Standar pelayanan poli umum tidak hanya terletak pada fasilitas, sarana prasarana, surat izin klinik, dan akreditasi saja. Tetapi juga terletak pada tim medis yang melayani, baik dokter umum, perawat, bidan ataupun farmasist.

Standar pelayanan poli umum dianggap baik jika tim medisnya ramah. Namun berbeda jika tim medisnya berperilaku tidak baik. Mungkin Anda sangat mudah untuk mengenali dokter ataupun tim medis lainnya yang buruk. Tim medis yang bersikap kaku didalam ruangan juga cenderung berantakan serta tidak memiliki sikap yang profesional.

Namun, sebetulnya dokter yang buruk tidak selalu mempunyai kepribadian yang buruk juga karena umumnya mereka akan terlihat buruk di saat jam kerja yang sangat panjang, memiliki tingkat stress tinggi ataupun bosan dengan pekerjaan yang tengah digeluti.

Apabila Anda tidak dapat mengetahui reputasi dari calon dr. umum untuk keluarga Anda tentunya anda bisa mengikuti insting. Ketika Anda kurang suka dengan pelayanan di poli umum dari dokter tersebut tentunya Anda bisa menggantinya serta memilih lagi sesuai dengan yang Anda dan keluarga inginkan. Namun secara umum terdapat beberapa kriteria dokter yang berkualitas, yaitu:

Kemampuan komunikasi yang baik

Kemampuan komunikasi yang baik bisa masuk kedalam kriteria ketika sedang mencari dr. umum. Ketika Anda ingin mencari dokter yang handal untuk keluarga tentunya Anda pun perlu memperhatikan saat berinteraksi. Bagi anak-anak untuk berkunjung ke dokter adalah hal yang cukup menakutkan, itulah mengapa dokter yang telpon juga harus mengerti, mengenal serta mampu berkomunikasi dengan anak-anak sehingga dapat membuat pasien merasa nyaman ketika mengeluhkan penyakit yang dialami. Oleh karena itu, penting mencari dokter umum yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Dokter yang ideal sepatutnya selalu memberikan informasi secara jujur mengenai kondisi dari kesehatan pasien. Karena seorang dokter yang sangat berpengalaman pun sebaliknya juga mau mendengarkan keluhan keluar dari pasien serta mampu untuk memberikan masukan serta saran.

Waktu yang fleksibel

Waktu yang fleksibel juga sangat dibutuhkan oleh seorang pasien yang ingin konsultasi. Tak bisa dipungkiri jika dokter dengan pelayanan di poli umum mempunyai segudang kesibukan dimana mereka juga memiliki pasien yang setiap waktu harus dicek kondisinya. Namun untuk tim medis yang berpengalaman dan memiliki sikap baik pastinya mampu untuk meluangkan waktunya menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pasien untuk mengatasi masalah kesehatan yang diderita. Tim medis pun juga perlu menghargai waktu sehingga dapat memaksimalkan waktu luang yang ada, memberikan waktu yang fleksibel untuk pasien. Dengan demikian pasien tidak perlu menunggu terlalu lama dan pelayanan di poli umum dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Edukasi pasien rawat jalan

Edukasi pasien rawat jalan juga harus terus di update setiap harinya. Tak bisa dipungkiri ilmu kedokteran dan juga pengobatan memang terus berkembang setiap saat sehingga dokter pelayanan di poli umum pun juga harus selalu membekali diri sendiri dengan informasi terkini tentang penyakit pengobatan apa yang dilakukan serta pencegahan dari penyakit tersebut. Sehingga tim medis dapat melakukan edukasi pasien rawat jalan mengenai masalah kesehatan karena hal tersebut menjadi bagian pelayanan di poli umum.

Tidak memaksakan kehendak

Tidak memaksakan kehendak disini yang dimaksud adalah tim medis tidak mempunyai hak untuk memaksa pasien saat melakukan tindakan ataupun pengobatan. Terkadang ada tim medis yang akan meminta Anda untuk menjalani serangkaian tes penunjang pelayanan di poli umum yang menjadi salah satu penguat dari diagnosis.

Akan tetapi Anda pun perlu mencurigai apabila hal tersebut terlalu sering meminta melakukan tes karena bisa saja dokter pelayanan di poli umum tersebut tidak dapat mendiagnosis penyakit yang diderita serta tidak mengetahui pengobatan yang harus dilakukan. Anda sebagai pasien berkewajiban untuk menolak tindakan yang dirasa mencurigakan dan tidak seharusnya anda lakukan. Anda berhak untuk menolak dan dokter yang baik tentu tidak memaksakan kehendak.

Dokter umum terdekat dan murah

Carilah dokter umum terdekat dan murah di wilayah Anda. Pasien pastinya akan memilih pelayanan di poli umum yang tidak terlalu jauh dari kediamannya. Artinya pun tidak perlu menunggu waktu lama untuk bisa memperoleh pelayanan di poli umum dari dokter umum karena sudah ditangani dengan cepat dengan adanya dokter yang praktek di dekat rumah. Oleh karena itu, saat posisi Anda sedang darurat carilah dokter umum terdekat dan murah untuk mendapatkan pertolongan pertama secara cepat.

Anda pun juga harus ingat bahwa konsultasi dokter seharusnya tidak dipungut biaya sama sekali bahkan sudah banyak pelayanan di poli umum yang memberikan obat secara gratis serta pemeriksaan penunjang jika memang diperlukan.

Nah, untuk Anda masyarakat Piyungan, Berbah, Kalasan, Banguntapan, Dlingo, Patuk, Prambanan, Sleman, Bantul, ataupun sekitar masyarakat Jogja lainnya yang ingin mendapatkan pelayanan di poli umum dengan dokter umum terbaik dan handal. Maka datang saja ke pelayanan kesehatan kami di Jogja, sebab kami memiliki dokter umum yang kompeten serta bisa memberikan pelayanan di poli umum dengan baik.

 

Klinik Az-Zahra Piyungan

Jl. Piyungan – Prambanan Km3 No 28, Jatigrit, Srimartani, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792

Tlp./WA 0821-3449-5179

 

https://www.youtube.com/watch?v=w7hgneOJ8gA Facebook Whatsapp Youtube

Pelayanan di Poli Umum | Klinik Apotek 24 Jam Di Piyungan Berbah Prambanan Patuk Banguntapan Jogja

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami. CS Apotek Az-Zahra 24 Jam WhatsApp 0821 3485 1327 CS Klinik Az-Zahra WhatsApp 0821 3449 5179