Beranda » Uncategorized » BEHEL GIGI GINGSUL

BEHEL GIGI GINGSUL

T Diposting oleh pada 20 Juli 2019
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 28 kali

Behel Gigi Gingsul

Behel gigi gingsul – Penampilan menurut banyak orang menjadi prioritas utama saat ini. Rasa bangga dan percaya diri muncul ketika seseorang dapat berpenampilan sebaik mungkin. Penampilan biasanya menjadi hal yang pertama kali dilihat seseorang ketika bertemu dengan orang baru. Cara berpenampilan seseorang dapat dilihat dari cara berpakaian dan merawat diri.

Cara berpakaian dan merawat diri umumnya bisa dikendalikan oleh setiap orang. Namun, terkadang ada suatu kondisi yang tidak bisa kita kendalikan contohnya anak usia lebih dari 4 tahun yang masih atau terkadang menghisap jempol dan anak yang berusia 2,5 tahun lebih yang masih menggunakan dot. Kondisi demikian yang terkadang tidak bisa kita kendalikan dan tiba-tiba muncul masalah ketika dewasa.

Salah satu masalahnya yaitu gigi gingsul. Gigi gingsul adalah kondisi gigi dimana rahang atas dengan rahang bawah tidak rata, baik rahang atas lebih maju dari rahang bawah atau sebaliknya. Sebenarnya gigi gingsul bukanlah suatu permasalahan yang darurat ataupun berbahaya. Hanya saja gigi gingsul dapat menurunkan rasa percaya diri.

Pada era saat ini, banyak cara modern yang bisa dilakukan seseorang untuk memperbaiki penampilan. Cara yang digunakan saat ini tentu lebih mudah, cepat, harga relatif terjangkau, dan aman di bawah pengawasan dokter. Semakin berkembangnya teknologi terutama dibidang kesehaatan ini mampu membuat seseoarang yang mengalami permasalahan dapat diselesaikan dengan sederhana.

Berbeda dengan zaman dahulu yang perkembangan teknologinya belum secanggih sekarang. Banyak kasus-kasus baru yang ada di dunia kesehatan tetapi dapat diselesaikan dengan mudah. Salah satunya yaitu merapikan gigi yang gingsul.

Namun saat ini banyak sekali tempat kesehatan, seperti klinik, puskesmas, atau rumah sakit yang memfasilitasi perapian gigi gingsul. Behel adalah salah satu metode untuk memperbaiki gigi gingsul dengan memasangkan kawat dan karet di gigi. Fungsi kawat behel awalnya digunakan oleh ortodontis (spesialis dokter gigi) untuk merapikan gigi yang tidak rata ataupun bertumpuk.

Jenis Behel Gigi

Kini banyak bermunculan behel dengan banyak warna karet, baik pink, hijau, hitam, biru hingga warna-warna natural. Bukan hanya itu, dari awal mulainya terbentuk behel hingga saat ini, ada beberapa macam behel diantaranya yaitu behel metal, behel transparan, behel lepasan, behel damon, dan behel fashion.

Behel metal

Behel gigi metal adalah behel yang pertama kali muncul. Behel gigi metal atau sering disebut metal braces adalah tindakan merapikan gigi dengan menggunakan karet. Behel gigi metal ini memiliki kualitas baik dan dapat digunakan dengan jangka waktu cukup lama. Umumnya buatan German. Manfaat yang paling utama dengan penggunaan behel gigi metal adalah nyaman serta efisien dalam menggerakkan gigi.

Behel transparan

Behel gigi transparan merupakan salah satu jenis behel yang berbahan ceramic atau sapphire sehingga berwarna bening. Oleh karena itu, behel jenis ini cocok untuk mereka yang mempunyai gigi tidak rata atau bertumpuk tetapi tidak percaya diri dalam menggunakan behel umumnya. Behel gigi transparan ini mempunyai kekurangan yaitu tidak bisa dilakukam pada kasus-kasus yang berat sebab bahan dari behel gigi transparan ini tidak sekuat behel gigi metal.

Behel lepas pasang

Behel gigi lepasan memang nyata adanya tetapi yang dimaksud dalam uraian ini bukan behel lepasan yang dijual bebas di pasaran. Penggunaan behel gigi lepasan tetap harus dibawah pengawasan dokter. Dilakukan sesuai prosedur yang ada. Hanya saja ada sedikit perbedaan, behel gigi lepasan ini hanya khusus untuk kasus-kasus ringan saja. Tidak dianjurkan dipakai oleh orang yang memiliki kasus yang berat karena hasilnya akan tampak sangat lama.

Behel damon

Sedangkan behel gigi damon adalah behel gigi dengan teknologi paling canggih untuk saat ini. Behel gigi damon merupakan teknik merapikan gigi tanpa karet sebab behel gigi damon mempunyai penyangga khusus. Oleh karena itu, behel gigi damon tidak menimbulkan rasa sakit.

Ada beberapa keunggulan dari behel gigi damon daripada behel gigi metal yaitu tidak perlu mencabut gigi sebelumnya, proses pemasangan juga tidak sakit sebab tidak ada karet yang memberikan tekanan tinggi, dan konsultasi ke dokter yang lebih sedikit. Kebersihan mulut pun lebih terjaga dengan penggunaan behel gigi damon.

Behel fashion

Dan yang terakhir adalah behel fashion. Hal yang paling marak diperbincangkan di Indonesia. Ada yang salah dengan mindset orang Asia terutama Indonesia. Mereka menganggap bahwa pemakaian behel gigi menunjukkan status sosial seseorang sehingga sering dijadikan bahan fashion saja. Padahal behel gigi awal mulanya hanya berguna untuk kesehatan gigi seseorang. Memperbaiki susunan gigi yang bertumpuk atau tidak rata.

Penggunaan behel gigi fashion di kalangan anak muda sekarang sangat berkembang pesat. Behel gigi fashion dianggap dapat mempercantik dan memberikan sensasi fresh. Behel gigi fashion ini memang tidak serumit behel untuk kesehatan gigi tetapi pemasangan tetap perlu dibawah pengawasan dokter. Sebab behel gigi fashion merupakan benda asing yang dimasukkan ke mulut, maka perlu protap dalam penggunaannya.

Wajib anda ketahui sebelum memutuskan pemasangan behel. Pertama, kenali jenis behel gigi. Kedua, ketahui tujuan pemasangan behel. Ketiga, waktu dan umur yang tepat untuk pemasangan behel gigi. Keempat, ketahui jenis-jenis behel yang cocok untuk kondisi gigi anda beserta cara konsultasinya. Kelima, ketahui efek samping penggunaan behel. Keenam, cari tahu resiko yang terjadi dari penggunaan behel gigi. Dan yang terakhir yaitu pastikan harga dari setiap jenis behel.

  1. Kenali jenis behel gigi

Sudah kita bahas di uraian sebelumnya bahwa ada beberapa jenis behel gigi, diantaranya behel gigi metal, behel gigi lepasan, behel gigi transparan, behel gigi damon, dan yang terakhir behel gigi fashion.

  • Ketahui tujuan pemasangan behel gigi

Tujuan pemasangan behel gigi tentu berbeda-beda setiap orang. Sebagian orang memilih jalan penggunaan behel untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rata atau bertumpuk. Namun, ada sebagian orang yang sudah memiliki gigi rapi tetapi tetap berkeinginan untuk melakukan pemasangan behel gigi. Hal itu banyak ditemukan di kalangan anak muda khususnya remaja. Mereka hanya mengikuti trend yang ada saat ini saja.

  • Ketahui waktu dan umur yang tepat untuk pemasangan behel gigi

Secara teori alangkah lebih baik penggunakan behel gigi semuda mungkin sebab durasi pemakaiannya akan lebih cepat. Tetapi bukan berarti orang yang sudah dewasa tidak diperbolehkan menggunakan behel gigi. Boleh dilakukan tetapi hasilnya akan lebih lama. Namun perlu diperhatikan usia muda yang dimaksud adalah ketika anak sudah tumbuh gigi permanen kurang lebih usia 12 tahun.

  • Ketahui jenis-jenis behel yang cocok untuk kondisi gigi anda

Setiap orang mempunyai kasus pada gigi yang berbeda. Misalkan saja gigi bertumpuk, gigi gingsul, dan gigi renggang. Masalah yang sering terjadi di dunia kesehatan gigi.

  1. Gigi bertumpuk

Dokter akan menganjurkan pemakaian behel gigi berbahan metal, transparan, ataupun damon mental.

  • Gigi gingsul

Pada kasus ini, biasanya menggunakan behel gigi yang berbahan metal, damon metal, ataupun damon clear.

  • Gigi renggang

Kondisi gigi renggang umumnya menggunakan behel gigi berbahan metal, transparan, damon metal, atau damon transparan.

  • Ketahui efek samping pemakaian behel gigi

Masalah utama yang wajib anda ketahui sebelum menggunakan behel gigi adalah efek samping. Sebagian orang yang asal menggunakan behel tanpa mengetahui efek samping atau bahkan pasang behel gigi di sembarang tempat bukan dengan dokter spesialis orto akan menyesal setelah pasang behel. Entah disebabkan karena prosedur yang tidak sesuai protap ataupun masalah orang yang menggunakan yang tidak mengetahui efek samping penggunaan behel gigi.

Efek samping paling awal dan umum dirasakan setiap orang berani pasang behel gigi adalah rasa sakit akibat pemasangan behel gigi. Namun, hal tersebut akan berangsur-angsur pulih setelah gigi beradaptasi dengan behel gigi yang digunakan.

Biasanya dokter sudah memberikan obat penurun rasa sakit setelah pemasangan behel gigi. Obat bisa dikonsumsi saat rasa sakit tak kunjung sembuh dan tak tertahan. Lazimnya rasa sakit akan terus hilang timbul selama 1 minggu.

Selain itu, efek samping dari penggunaan behel gigi adalah sariawan, sulit mengunyah makan, dan sulit untuk gosok gigi. Tentunya supaya gigi tetap bersih dan tidak muncul bau mulut anda dapat membeli sikat gigi khusus orto. Itu akan memudahkan anda untuk gosok gigi sebab di desain khusus untuk orang yang menggunakan behel gigi.

  • Cari tahu resiko yang terjadi dari penggunaan behel gigi

Pasang behel gigi memang tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Bahkan jika ia dokter pun harus ada penyeleksian khusus. Dokter yang berkompeten dan mempunyai wewenang untuk pemasangan behel yaitu dokter spesialis orto (behel gigi). Sebab jika tidak dilakukan oleh dokter yang kompeten akan berakibat fatal. Terkadang justru akan memperparah kondisi gigi anda sebab tidak mengetahui susunan gigi yang benar.

  • Pastikan harga dari setiap jenis behel

Harga behel gigi juga harus dipertimbangkan sebab harga pemasangan behel gigi ini memang cukup terbilang mahal. Mahalnya harga behel gigi tergantung dengan bahan yang anda gunakan.

Itulah hal wajib yang harus anda ketahui sebelum pemasangan behel gigi. Behel gigi bukan sesuatu yang mudah ataupun menakutkan. Jika dilakukan sesuai prosedur akan menjadi mudah tanpa efek samping.

Invisalign

Sebenarnya di era sekarang sudah muncul teknik terbaru untuk merapikan gigi gingsul, gingsul, ataupun renggang. Namun alat ini belum tersebar luas di Indonesia, hanya ada di kota-kota besar saja. Contohnya Jakarta. Sebab harga dari alat ini masih terbilang sangat mahal, kurang lebih 17 juta.

Harga yang mahal sebanding dengan alat yang begitu bagus dan lebih baik daripada behel gigi. Alat dengan harga 17 juta itu serin disebut Invisaligh. Merapikan gigi dengan alat ini sudah dipastikan tidak menimbulkan sakit, sariawan, sulit mengunyah makanan, dan mudah membersihan makanan yang ada di sela-sela gigi. Invisaligh ini terbuat dari bahan plastik dan tidak disertai kawat yang menekan gigi.

100 persen terbuat dari bahan plastik tanpa kawat. Invisaligh di desain dari plastik yang tembus pandang. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu cukup di rekatkan seperti sarung gigi. Hampir sama dengan retainer (alat yang dipakai setelah perawatan dengan behel gigi selesai). Hanya saja Invisaligh lebih lentur daripada retainer.

Bukan hanya dilihat dari segi efek samping saja yang lebih ringan daripada behel gigi. Jika dipandang dari segi estetika juga tampak lebih menarik dan cantik. Kekurangan yang ada di behel Invisalign ini hanya satu yaitu mahal. Sangat sulit dijangkau masyarakat Indonesia khususnya.

Tahapan Pasang Behel

Nah setelah kita membahas mengenai jenis-jenis behel, penasaran dengan langkah-langkah yang dilewati seseorang yang ingin menggunakan behel gigi kawat ataupun Invisalign.

Kita bahas dahulu behel gigi kawat. Langkah awal yang harus dilakukan adalah konsultasi dengan dokter spesialis orto. Jangan lupa cari dokter spesialis orto ya, jangan ke dokter gigi biasa atau justru ke ahli gigi.

Kedatangan ke 2 anda biasanya akan cetak gigi. Tujuan dari cetak gigi ini adalah untuk mengetahui ruang yang ada di mulut dan gigi anda. Ketiga, biasanya dokter akan melakukan rontgen pada gigi anda untuk mengetahui susunan dan struktur gigi anda. Semua permasalahan gigi anda dapat dilihat dari hasil rontgen gigi anda.

Keempat, khusus untuk pasien gigi yang mempunyai karang gigi. Biasanya akan dilakukan pembersihan karang gigi atau sering disebut dengan scalling. Kedatangan di hari kelima, dokter akan mencabut atau menambal gigi anda jika jada lubang pada gigi anda. Hari kelima ini biasanya dokter akan melakukan tindakan langsung dihari keempat setelah scalling gigi.

Langkah keenam adalah melakukan pemasangan behel gigi sesuai dengan permasalahan yang ada di gigi anda. Selain itu, pilihan warna karet juga anda yang menentukan. Terakhir, kontrol rutin minimal 1 bulan sekali.

Berbeda dengan para pengguna behel Invisalign yang hanya melewati 3 langkah saja. Pertama, mengunjungi dokter spesialis orto untuk dilakukan observasi. Kedua, seperti pada behel gigi kawat, dokter akan mengambil hasil sinar-X dan pemindai digital untuk mengetahui susunan gigi.

Invisalign ini akan dicetak sesuai perkiraan perawatan pasien dan diberikan langsung ke pasien. Sebab penggunaan behel ini dapat di lepas pasang sendiri tanpa pengawasan dokter. Umumnya behel ini 2 minggu sekali ganti. Ketiga, kontrol ulang seperti biasa, rutin 6-8 minggu sekali.

Proses yang cukup panjang dan lama, tetapi kedua alat behel tersebut memiliki fungsi yang sama dan akhir yang sama yaitu merapikan gigi sesuai susunan gigi yang sebenarnya. Tampil cantik dan percaya diri.

Retainer

Namun bukan berakhir disitu, khususnya untuk pengguna behel gigi. Setelah usai perawatan gigi dengan behel gigi kawat, anda diwajibkan menggunakan retainer gigi. Apa itu retainer gigi? Simak uraiannya dibawah ini.

Tak cukup disitu proses mempercantik gigi dengan menggunakan behel gigi kawat. Setelah lepas behel, pasien dianjurkan untuk menggunakan retainer gigi. Sudah sedikit diulas diatas mengenai retainer gigi. Retainer gigi ini berbahan plastik yang digunakan untuk menjaga posisi gigi yang baru saja diperbaiki agar tetap pada posisi seharusnya.

Banyak orang menyepelekan penggunaan retainer gigi. Padahal retainer gigi adalah hal yang cukup penting. Biasanya gigi akan bergeser lagi ketika tidak mengikuti instruksi dokter gigi untuk memakai retainer gigi. Dan membuat perawatan anda selama memakai behel akan menjadi sia-sia.

Retainer gigi ini dapat dilepas pasang sendiri. Penggunaanya setiap orang pun akan berbeda, ada yang hanya 3 bulan. Dan terkadang juga ada yang sampai 1 tahun menggunakan retainer gigi. Retainer juga memiliki jenis yang bermacam-macam.

Pertama, retainer gigi jenis hawley. Retainer gigi jenis ini terbuat dari kawat. Sehingga banyak yang menyebutnya retainer kawat. Retainer gigi ini tetap bisa dilepas pasang. Retainer gigi hawley ini dibuat dari bahan logam tipis dan campuran plastik serta akrilik. Model ini dapat digunakan di sepanjang gigi bagian atas maupun bawah.

Setiap barang akan memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan pada retainer gigi hawley ini adalah :

  1. Retainer dapat disesuaikan lebih detail dengan posisi gigi anda.
  2. Retainer dengan bahan ini akan tahan lebih lama hingga bertahun-tahun jika dirawat dengan cara yang benar.

Kekurangannya adalah :

  1. Retainer gigi dengan bahan kawat akan mempengaruhi kemampuan bicara anda.
  2. Terkadang jika mulut anda sensitif, dapat mengiritasi bibir dan pipi anda.

Jenis yang kedua adalah retainer plastik. Retainer gigi jenis ini adalah retainer gigi yang bisa dilepas pasang sendiri. Nama lain dari retainer gigi ini adalah retainer gigi vakum atau retainer gigi termoplastik.

Retainer ini perlu pencetakan supaya sesuai dengan posisi gigi anda saat ini. Retainer jenis ini cukup terkenal dikalangan masyarakat daripada retainer gigi hawley. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan pada retainer gigi ini.

Kelebihannya yaitu:

  1. Retainer ini akan membuat seseorang lebih percaya diri sebab bentuknya yang transparan.
  2. Jenis retainer gigi ini bahannya lebih tipis sehingga lebih nyaman di mulut anda.
  3. Retainer gigi ini tidak mempengaruhi kemampuan berbicara anda.

Setelah kita bahas kelebihannya, kita lihat kekurangan dari jenis retainer gigi ini, sebagai berikut :

  1. Jika dirawat kurang baik, misalnya pecah atau retak tidak bisa diperbaiki lagi.
  2. Mudah melengkung jika terkena panas.
  3. Semakin sering digunakan, semakin pudar warna transparannya.

Retainer harus dijaga dan dirawat dengan baik supaya tidak rusak dengan cepat. Bukan hanya itu saja, mulut kita juga harus dijaga supaya tidak terjadi infeksi karena ada benda asing masuk kedalam mulut kita.

Cara Merawat Retainer Gigi

Berikut adalah panduan cara membersihan retainer gigi baik retainer gigi lepas pasang ataupun retainer gigi permanen. Cara pembersihan retainer gigi lepas pasang dan retainer gigi permanen tentu berbeda. Berikut adalah cara membersihan retainer gigi lepas pasang :

  1. Bersihkan retainer gigi secara berkala dan rutin, jangan menunggu kotoran menumpuk karena akan mengeras dan justru akan susah dibersihkan.
  2. Siapkan sikat gigi khusus, air hangat, dan pasta khusus yang tidak mengandung bahan whitening, obat kumur ataupun sabun cair.
  3. Kemudian basahi seluruh permukaan retainer gigi. Oleskan sedikit pasta gigi, obat kumur, ataupun sabun cair yang sudah anda siapkan.
  4. Sikat secara perlahan sampai tidak ada kotoran yang tersisa.
  5. Jika dibutuhkan anda dapat merendam retainer di air hangat yang sudah berisikan pasta gigi, obat kumur, ataupun sabun cair. Namun perlu diingat merendam terlalu lama di air hangat juga tidak baik untuk retainer gigi anda.
  6. Terakhir bilas retainer gigi anda dengan air hangat. Pastikan seluruh kotoran sudah hilang dan tidak ada sisa sabun cair, pasta gigi ataupun obat kumur.

Jika retainer gigi anda ada kotoran yang membandel dan sulit hilang, konsultasikan dengan dokter spesialis orto anda.

Dibawah ini adalah cara pembersihan retainer gigi permanen :

  1. Siapkan dental floss atau benang gigi.
  2. Lakukan flossing dengan menyelipkan benang di sela-sela retainer dan gigi anda.
  3. Gerakkan benang diantara gigi atas dan bawah secara bergantian.
  4. Lakukan hal yang sama di sela-sela retainer hingga menyeluruh ke semua area.
  5. Terakhir, anda dapat berkumur untuk memastikan semua sisa kotoran telah keluar.

Sebenarnya pembersihan retainer gigi permanen dapat anda lakukan ketika gosok gigi. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter spesialis orto anda ketika anda merasa belum benar-benar bersih.

Hal yang harus diperhatikan saat memakai behel gigi gingsul

Pemakaian behel baik behel gigi metal, behel gigi transparan, ataupun behel gigi lepas pasang memang terbilang cukup susah. Selama perawaan gigi dengan behel gigi pun banyak yang harus diperhatikan, sebagi berikut :

  1. Hati-hati memilih makanan

Mengonsumsi makanan untuk para pengguna behel gigi kawat harus hati-hati. Sebab dapat merusak kawat gigi jika makan-makanan sembarangan. Selama beberapa hari pertama setelah perawatan gigi dengan behel gigi, sangat dianjuran untuk mengonsumsi makanan yang halus dan lunak.

Setelahnya, anda dapat makan-makanan yang sedikit kasar tetapi harus dipotong-potong sekecil mungkin supaya mudah untuk dikunyah. Contoh makanan yang dapat anda konsumsi adalah pasta, fish cake, daging yang dimasak lunak, es krim, pisang, atau buha-buahan yang di jus.

Makanan yang dapat merusak gigi anda dan sangat tidak dianjurkan adalah makanan yang keras, kenyal, lengket, dan perlu digigit. Contoh makanan yang harus dihindari adalah buah-buahan keras, permen karet, sayur-sayuran keras, dan kacang.

Buah-buahan memang mengandung banyak manfaat. Didalamnya terkandung zat gizi yang sangat dibutuhkan tubuh. Tetapi pada kondisi tertentu, misalnya penggunaan behel gigi. Anda dapat mengganti hal tersebut dengan jenis buah lain atau sayur-sayuran yang didalamnya mengandung zat gizi yang sama.

  • Hindari kebiasaan buruk yang merusak gigi anda

Sebagian orang mungkin mempunyai kebiasaan menggigit kuku ataupun menggigit pensil. Kebiasaan tersebut lah yang harus dihindari. Hentikan kebiasaan tersebut sebab dapat merusak gigi dan behel gigi anda.

  • Bersihkan sela-sela kawat setelah makan

Penting bagi anda untuk menjaga kesehatan gigi dan behel gigi yang anda gunakan. Biasakan untuk gosok gigi dengan sikat gigi yang di desain khusus untuk pemakai behel gigi. Sebab setelah anda makan kemungkinan akan ada banyak makanan yang menempel di behel gigi anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah waktu gosok gigi. Disarankan untuk gosok gigi paling tidak 1 jam setelah makan, jangan setalah makan. Sebab jika anda gosok gigi setalah makan akan merusak gigi anda karena kondisi mulut anda masih asam.

  • Kontrol rutin

Hal yang paling penting dan harus diperhatikan adalah kontrol rutin sesuai jadwal yang dokter spesialis orto anda berikan. Sangat dianjurkan untuk kontrol gigi paling tidak 3-10 minggu sekali. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak ingin anda lakukan, segera dapat diperbaiki.

  • Lindungi gigi saat berolahraga

Hal ini khusus untuk atlet ataupun seseorang yang kegemarannya berolahraga. Anda tetap dapat melakukan olahraga, hanya saja butuh kehati-hatian yang ekstra. Dianjurkan untuk menggunakan pelindung mulut untuk menjaga gigi dan behel gigi anda.

Khusus masyarakat Jogja dan sekitarnya yang ingin menggunakan behel gigi, baik behel gigi metal, behel gigi transparan, behel gigi lepas pasang, san behel fashion anda dapat kunjungi Klinik kami, Klinik Az-Zahra Piyungan, Mutihan, Jl. Piyungan-Prambanan Km3 No 28, Jatigrit, Srimartani, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792. Atau bisa konsultasi terebih dahulu via WhatApp 082134495179.

Belum ada Komentar untuk BEHEL GIGI GINGSUL

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait BEHEL GIGI GINGSUL

Telp. 0821 3485 1327 Apotek Az-Zahra 24 Jam Patuk Termurah di Jogja

T 27 Januari 2019 F A admin

Telp. 0821 3485 1327 Apotek Az-Zahra 24 Jam Patuk Termurah di Jogja Mari Telp. 0821 3485 1327 Apotek Az-Zahra 24 Jam Patuk termurah di Jogja untuk anda yang membutuhkan Apotek buka 24 jam termurah di Jogja. Apotek Az-Zahra 24 Jam... Selengkapnya

Telp. 0821 3485 1327 Info Apt 24 Jam Terbesar Di Jogja  Apotek Az-Zahra 24 Jam Patuk

Telp. 0821 3485 1327 Info Apt 24 Jam Terbesar Di Jogja Apotek Az-Zahra 24 Jam Patuk

T 27 Januari 2019 F A admin

Mari Hubungi 0821 3485 1327 Apotek Az-Zahra 24 Jam Banguntapan bagi anda yang membutuhkan apt buka 24 jam Terbaik dari lokasi saat ini di Jogja. Apotek Az-Zahra 24 Jam berada di Jl. Piyungan – Prambanan Km3 Mutihan Srimartani Piyungan Bantul... Selengkapnya

Hubungi 0821 3485 1327 Cari Wheel Chair  Elektrik  Terdekat Di Jogja  Apotek Az-Zahra 24 Jam Prambanan

Hubungi 0821 3485 1327 Cari Wheel Chair Elektrik Terdekat Di Jogja Apotek Az-Zahra 24 Jam Prambanan

T 29 Januari 2019 F A admin

Dipersilakan Telp. 0821 3485 1327 untuk anda yang membutuhkan Kursi Roda BAB Termurah Di Jogja  Apotek Az-Zahra 24 Jam Patuk. Sedang mencari kursi rodakah anda sekarang? Kursi roda yang Bagus dan awet tapi harganya terjangkau? Kita berikan solusi terbaik untuk... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami. CS Apotek Az-Zahra 24 Jam WhatsApp 0821 3485 1327 CS Klinik Az-Zahra WhatsApp 0821 3449 5179